Jumat, 03 Januari 2020

Menelaah dan Melengkapi Teks Cerita Fantasi yang Rumpang

Kabid Dikdas
Salah satu cara belajar menulis teks cerita fantasi adalah dengan melengkapi teks cerita fantasi yang masih rumpang. Teks yang masih rumpang adalah sebuah teks dengan bagian yang sengaja dihilangkan. Teks rumpang ini bisa melatih siswa untuk menulis. Jika harus menulis sendiri dari awal biasanya kesulitan harus memulai dari mana, tetapi ketika dihadapkan dengan teks cerita yang sudah ada bagian awalnya, maka bisa tinggal melanjutkan.

Ada dua teks rumpang dalam bab Teks Cerita Fantasi yang terdapat dalam buku teks siswa Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 kurikulum 2013. Keduanya terdapat pada halaman 71 -73.

Berikut ini teks cerita fantasi rumpang yang pertama:

ORIENTASI

Saya bertiga mendapat tugas untuk mewawancarai pegawai kantor bangunan yang menjadi pemborong bangunan megah. Kantor itu dicat merah menyala, mencolok dibandingkan dengan kantor sejenis di kompleks itu. Ketika kami masuk, kami meihat lobi kantor yang cukup berantakan. Meski berantakan, fasilitas di kantor itu lengkap. Masih ada sofa yang bisa dipakai  duduk. Di belakang lobi ada ruangan tertutup dengan menyisakan lorong untuk masuk ke lantai atas. Di dinding lorong tertempel gambar bangunan-bangunan yang akan dikerjakan kantor itu.

Salah satu gambar bangunan jatuh dan terinjak  kakiku. Bumi seperti bergetar dan saya terseret ke dalam bangunan megah yang belum pernah aku kenal. Bangunan itu terus bergetar.

KOMPLIKASI

Kudengar ada yang memanggilku, "Kak Tolong kami!" Tampaknya sekumpulan anak seragam biru  putih berlarian .....................................................................................................
.............................................................................................................
............................................................................

RESOLUSI

.................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................

Baca Cerita Aku dan Bung Tomo


Teks Cerita Fantasi Rumpang Kedua,

ORIENTASI

Dengan tergesa Meza menuju perpustakaan sekolahnya. Tugas dari guru Bahasa Indonesia harus dikumpulkan siang nanti jam ke-7.  Padahal dia belum membaca sama sekali buku biografi yang ditugaskan. Perpustakaan masih sepi ketika Meza memasuki

.................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................


KOMPLIKASI

Dengan cepat diambilnya sebuah buku biografi yang sudah ada di meja baca. Buku itu nampak sedikit lusuh. Dia membaca buku tantang biografi Bung Tomo. Pada halaman ke sepuluh dia ditarik Bung Tomo diajak berjalan-jalan menyaksikan perjuangan pada 10 Nopember 1945. ...................
..................................................................................................
...........................................................................................................


RESOLUSI
...............................................................................................
...........................................................................................................
...........................................................

Baca selengkapnya cerita Meza dan Bung Tomo yang sudah dilengkapi